PENGARUH SHARIA MARKETING TERHADAP LOYALITAS ANGGOTA KSP BMT NURUL ISLAM BATUAJI BATAM
Ключевые слова:
Loyalitas Anggota, Sharia MarketingАннотация
Bisnis Syariah pada hakikatnya selalu memegang asas keadilan dan keseimbangan pada syariat Islam. Mengingat semakin ketatnya persaingan bisnis sekarang ini, banyak lembaga keuangan dalam melakukan kegiatan marketingnya menyimpang dari prinsip syariat Islam hanya untuk memenuhi kebutuhan, keinginan dan memuaskan pelanggan agar mereka tidak beralih ke tempat lain serta untuk mendapatkan keuntungan yang banyak. Perkembangan jumlah anggota di KSP BMT Nurul Islam Batuaji Batam mengalami peningkatan pada produk simpanan dan mengalami penurunan pada produk pembiayaan pada tahun 2021. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pengaruh sharia marketing (produk, harga, tempat, promosi) terhadap loyalitas anggota KSP BMT Nurul Islam Batuaji Batam.Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh sharia marketing (produk, harga, tempat, promosi) terhadap loyalitas anggota KSP BMT Nurul Islam Batuaji Batam. Sampel adalah 97 orang anggota KSP BMT Nurul Islam Batuaji Batam, yang diperoleh secara incidental sampling. Metode dalam penelitian ini adalah purposive sampling.Teknik analisa yang digunakan adalah regresi sederhana. Dari hasil perhitungan secara simultan diperoleh t hitung sebesar (6,548) dan p value (sig) sebesar 0,000 dibawah 5% yang berarti ada pengaruh yang signifikan antara sharia marketing (produk, harga, tempat, promosi) terhadap loyalitas anggota. Keempat dimensi dalam sharia marketing sama-sama memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap loyalitas anggota. Namun dalam penelitian ini produk yang lebih memiliki pengaruh yang besar terhadap loyalitas anggota.